Friday, April 6, 2012

[Tutorial PHP-MySQL] PHPMyAdmin – Kenalan dulu donk!


Ada banyak cara untuk mengakses database MySQL. Salah satu cara terjadulnya ada menggunakan Shell Command yang emang udah dikutuk kembar siam bareng program MySQL nya.

Mengakses menggunakan Shell Command kurang efektif dan ribet banget. Maka cara lainpun dikembangkan oleh para programmer diseluruh dunia. Cara mengakses menggunakan software pembantu untuk mengakses database MySQL dengan interface yang lebih user friendly daripada menggunakan Shell Command.

Sepengetahuan Nin sebagai seorang mahasiswi (dudul) IT, cara mengaksesnya menggunakan software bernama Navicat. Awalnya denger itu nama waktu sedang ikut praktikum basis data dikampus, namanya unyu banget, ada “Cat” nya gitu, jadi inget Hello Kitty *lostfocus*

Tapi bukan software itu yang bakal dibahas. Software lain yang digunakan untuk membantu akses database MySQL (terpavorit menurut Nin), adalah PHPMyAdmin. Berbeda dengan Navicat yang merupakan software stand alone yang mesti di install di komputer, PHPMyAdmin berbasis web, jadi mengaksesnya menggunakan browser web (yang pastinya sudah terinstall di PC/laptop mu kan? Yakin, pasti, I am sure.. Hehe. ^^).


Interface-nya PHPMyAdmin di Firefox

Ini jadi salah satu kelebihan untuk PHPMyAdmin dalam pengaksesan database MySQL. Kelebihannya lagi, software yang satu ini juga dirancang untuk membantu kita membuat query MySQL ke dalam bahasa PHP yang merupakan soulmate dalam membuat sebuah website yang dinamis (well, meskipun bukan hanya pasangan antara PHP dan MySQL yang bisa, tapi ini pasangan pavorit di jagat perdesainan website, trust me!).

Kalo mau coba, bisa langsung nengok ke official website PHPMyAdmin. Atau download beberapa software yang merangkum 4 software penting untuk desain web terutama yang mau coba build nya di komputer sendiri atau istilah kerennya itu localhost, isinya terdiri dari Apache server, PHP, MySQL, PHPMyAdmin. Ada beberapa pilihan untuk software bundle macam begitu, Ada AppServ (aku pake yang ini), XAMPP, WAMP. Silahkan pilih sesuai selera.

Well, Nin sarankan, supaya sebelum ngebaca next tutorial soal PHPMyAdmin, minimal udah ngerti soal query MySQL (tapi jangan khawatir buat yang belom ngerti database MySQL, ntar insya allah bakal bikin tutorial soal database MySQL ^^).


Salam dudul,


-Nina Suhari-

6 comments:

  1. PHPMYadminnya masih versi lama

    ReplyDelete
  2. Hadirrr...!
    Absen tunjuk jari...

    ***
    Ah Nina urang ik, modok kudu pake akun google sihhh.... :( ==>Kredensial OpenID Anda tidak dapat diverifikasi.

    Mana masih pasang chapcta lagihhh, hufttt #misuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... Yo mbuh, ketimbang MP? Nek komen mesti sign up nang MP tok, ra iso nggo ID laen.. haha :p

      Delete
  3. seeeep...
    apdet dunk phpmyadminnya..
    :D

    ReplyDelete