Friday, April 20, 2012

[KoneksiHP] Wifi gratis VS GPRS berbayar (How to turn off GPRS on Nokia C3)

Ceritanya, mahasiswidudul lagi norak sama yang namanya aplikasi Whatsapp. Sebenarnya noraknya udah lama, cuma karena dulu belom punya koneksi gratis (dirumah pasang wireless speedy cuy!), megap-megap buat terusin pake applikasi whatsapp yang minta koneksi terus-terusan dan makan pulsa (pelit pulsa.haha)

Meski sekarang udah sign up paket internet buat hape (dan bisa ber-whatsapp-ria sepuasnya), tapi sayang banget kalo koneksi gratis dirumah gak dimanfaatkan. Kan lumayan tuh, kalo diluar tetap terkoneksi, dirumah gratissss. Nah, masalahnya, meskipun sudah dapet koneksi WiFi, GPRS di hapeku susah banget dimatiin (in case, hapeku Nokia C3), awalnya bingung karena preference Whatsapp kayaknya udah dikutuk dari sononya lebih memilih koneksi GPRS ketimbang WiFi (lebih parah, gak bisa di tukar secara otomatis ke WiFi).

Setelah wara-wiri nanya mbah google, nemulah cara kayak berikut untuk mematikan koneksi GPRS di hape Nokia C3 (yang pada dasarnya matiin total koneksi gprs dan dipaksa beralih ke koneksi WiFi yang didapat) :

1. Pilih Menu --> Settings --> Configuration --> Personal Settings, untuk membuat settingan sesuai keinginan kita. Nah, di tahap ini, bikin fake connection setting (ato bahasa gaulnya : setting koneksi palsu *halah*).

2. Setelah masuk ke Personal Setting, pilih Add New untuk untuk membuat settingan baru. Ada 5 macam settingan tersendiri untuk kategori berikut : Access Point, Web, Synchronisation, Streaming dan Multimedia Message. Nah, yang paling berpengaruh menggunakan akses GPRS adalah Access Point dan Web (kalo mau tambah yakin gak terkoneksi GPRS, setting saja semua).

3. Tiap kategori disetting dengan gak inputin apa-apa, cuma mengubah "Use preferred access pt" menjadi NO. Jadilah fake connection setting yang gak mengkoneksi GPRS sama sekali.

4. Setelah semua disetting, pindah lagi ke Configuration Settings dan pilih Default config. settings kemudian pilih Personal Config (settingan yang sudah kita buat tadi), restart hape, cari koneksi Wifi (kalo Wifi nya masih bisa jalan, karena kita tidak "memblokir" koneksi jenis ini), lalu VOALA!! Jadilah satu-satunya koneksi yang ada adalah WiFi. Hehe.

Oh iya, karena Multimedia Message (MMS) hanya terkoneksi saat ada kiriman pesan yang datang, lebih baik gak usah dibikinkan setting untuk blokir, siapa tau yayangnya kirim-kirim MMS (eheeemmm) :p

Dan untuk hape yang lain, pada dasarnya teorinya sama (meski pilihan menu nya berbeda) yaitu membuat settingan koneksi "kosong". Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! ^^

13 comments:

  1. Nice share ba nin....

    btw udah tak follow blognya...di follow back ok...

    ReplyDelete
  2. Keren Nin,sy g kepikiran buat ngubek2 gt...ckckck internet buat sy kebutuhan biasa sj,buat Nina..wajib hukumnya wahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa aja nih mbak rany :D
      Koneksi internet itu kayak sahabat sejati, gak ada elo gak rame.. huahahhaa :D

      Delete
  3. waduh masih ribet...
    Kl ga salah bisa juga tuh cara mematikan koneksi whatsapp dengan menggunakan anti virus netqin.
    Sehingga tdk auto connect.
    Semoga trik ini membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas.. Hehe.. Makasi triknya :D
      Whatsapp emang susah karena tetap harus terkoneksi, tapi kalo pake samsung yang smartphone, ada tombol matikan koneksi gprs nya jadi gampang :D

      Delete
  4. di aq tetep nyala inih knava yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, sayangnya HP ku udah ganti nih. C3 nya udah pindah tangan, gak bisa ngutak ngatik lagi deh.

      Delete
  5. WAH TRIKNYA SANGAT BERMANFAAT.
    MASALAH LAIN KL SAAT KITA TDK TERHUBUBG DGN WIFI, SIMBOL E MUNCUL OTOMATIS, DAN SAAT MEGHUBUNGKAN LG DGN WIFI TOMBOL E TIDAK MAU KALAH MALAHAN BEBERAPA MENIT DIPAKSA WIFI NYA PUTUS. JD SEMENTARA SAYA MATIKAN HP TERUS CEPET2 SAMBUNG KE WIFI SEBELUM SIMBOL E MUNCUL. APA MBAK NINA PUNYA SARAN/TRIK LAIN SUPAYA TDK RESTART HP SETIAP HARI? TERIMAKASIH

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo misalnya satu-satunya koneksi yang dibuat adalah untuk wifi, gprsnya masih bisa nyambung nggak? Ditunggu beritanya yah :)

      Delete
  6. aku nyobain tapi kok masih aktif terus ya gprsnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo profile koneksi GPRS nya dihapus gimana? Masih bisa koneksi gak? Ditunggu feedbacknya ya :)

      Delete
  7. memang sih. Kalo yg namanya sudah diniatkan dari providernya begitu ya begitu. Tak bisa secara permanen berubah, layaknya sebuah minuman yang hanya bisa mengatasi bukan mengobati sempurna.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Provider? Sepertinya lebih ke masalah device-nya bang. Soalnya saya ganti ke yang lain memang settingan untuk turn off connection lebih user friendly (sekarang pake samsung galaxy ace plus).

      Delete