Tuesday, February 28, 2012

[SekilapInfo - MySQL] Cara lain view hasil SELECT via Command MySQL

Dari awal belajar database dan diperkenalkan dengan MySQL, untuk menampilkan hasil dari query SELECT yang berfungsi untuk menampilkan data yang kita cari dalam database yang kita buat yaitu di akhiri dengan terminator titik-koma ( ; ) untuk mengeksekusinya. Hasil tampilan dari eksekusi ini berupa sebuah tabel dengan field-field sesuai dengan yang kita cari seperti gambar yang ada dibawah ini.



Dasar mahasiswidudul, baru tau kalo ada cara lain untuk menampilkan hasil eksekusinya, yaitu dengan menggunakan terminator ( \G ). Hasilnya kayak gambar dibawah ini, field-field yang ditampilkan per 1 data. Jadi kayak biodata perorangan gitu.


Tapi kalo mau ditanya apa signifikannya untuk mengakses database via website sebagai interface? Gak ada tuh. Hehe. Soalnya untuk menampilkan data dari database ke interface website (dalam hal ini nin pake bahasa pemrograman PHP) menggunakan looping (minimal pake while), terminator defaultnya adalah titik-koma ( ; ) tadi. Jadi gak ngaruh, yang berpengaruh cuma di command shell MySQL aja.

Selamat mencoba!

Salam,

- Nina Suhari -

1 comment: